Sebagian besar kabel Ethernet Tembaga adalah UTP (Unshielded Twisted Pair) dan Kategori 5, 5e atau 6. Kabel Tambalan Ethernet tersedia dalam bentuk terdampar atau dalam bentuk konduktor tembaga padat, yang cocok untuk berbagai jenis aplikasi. Tipe terdampar jauh lebih fleksibel dan lebih mampu menahan tikungan dan puntiran yang parah, sedangkan tipe konduktor padat tidak dapat menahan tekukan parah yang sama tanpa putus, tetapi lebih murah untuk dibeli. Seringkali jenis kabel inti padat akan digunakan untuk kabel bangunan, sedangkan kabel tambalan dari PC dan periferal yang dicolokkan ke stopkontak dinding biasanya berupa kabel yang terdampar.

Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel, dimana masing-masing pasangan dililitkan satu sama lain untuk melawan crosstalk. Ini relatif murah dan terutama digunakan untuk menghubungkan atau menambal perangkat bersama di jaringan area lokal atau untuk menghubungkan telepon ke soket utama perusahaan telepon yang terletak di rumah atau bisnis. Pengkabelan STP (Shielded Twisted Pair) memiliki masing-masing pasangan tembaga yang terpilin yang dilindungi dengan foil atau terkadang memiliki pelindung jalinan foil di dalam isolasi eksternal untuk melindungi keempat pasang kabel tembaga. Keunggulan STP adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap Interferensi Elektro Magnetik dan sering digunakan dalam jaringan Ethernet 100Mbps.

Spesifikasi untuk jual kabel nyy Kategori 5 ditentukan dalam TIA/EIA-568-A dan ANSI di A.S. dan diuji untuk kinerja hingga 100Mhz. Kabel Cat5 mendukung Ethernet dengan kecepatan hingga 100Mbps pada panjang segmen kabel maksimum 100 Meter (328 kaki), dengan kabel biasanya diakhiri menggunakan konektor modular yang dikenal sebagai RJ-45. Jika diperlukan kabel yang lebih panjang, pengulang, hub atau sakelar perlu digunakan. Untuk memerangi crosstalk antara masing-masing dari 4 pasang kabel, setiap pasang kabel bengkok memiliki jumlah lilitan yang tepat per meter.

Standar Ethernet 10BaseT dan 100BaseTX menggunakan dua pasang kabel untuk transmisi dan pinout pada konektor RJ-45 biasanya pin 1,2,3 dan 6. Standar 1000BaseT mengharuskan penggunaan semua 4 pasang kabel.

Meskipun kabel Cat5 mampu membawa sinyal untuk standar 1000BaseT, Cat5e lebih disukai karena spesifikasi tambahan yang membantu mengurangi crosstalk lebih lanjut. Cat5e ditentukan dalam standar TIA/EIA-568-B dan memiliki spesifikasi jarak kabel maksimum yang sama dengan standar Cat5 asli.

Kabel kategori 6 telah tersedia untuk beberapa waktu sekarang, tetapi haruskah saya berpikir untuk mengganti kabel Cat5e saya dengan Cat6? Kabel Cat6 dirancang khusus untuk kecepatan Gigabit dan seterusnya dan memiliki kinerja hingga 250Mhz. Spesifikasi cat6 secara signifikan mengurangi berbagai bentuk kebisingan yang dihasilkan oleh crosstalk dan sepenuhnya kompatibel dengan standar Cat5 yang lebih lama. Panjang kabel maksimum sama dengan untuk Cat5, kecuali bila digunakan dengan 10GBaseT standar Ethernet 10 Gigabit. Dengan panjang kabel maksimum 10GBaseT akan berada di antara 37 dan 55 meter tergantung pada jenis instalasi. Misalnya, jika beberapa kabel berdekatan satu sama lain seperti dalam satu bundel, maka jarak kabel minimum harus diterapkan. Jika Anda ingin menggunakan standar 10GBaseT dengan kabel tembaga maka standar Cat6a yang lebih baru memiliki kinerja hingga 500Mhz dan memungkinkan panjang kabel 100 meter dengan standar Ethernet 10 Gigabit.

Jika Anda berencana memasang kabel instalasi baru untuk bisnis Anda maka Anda harus selalu melihat pemeriksaan di masa mendatang, dan dalam hal ini saya akan merekomendasikan pemasangan kabel Kategori 6 minimum. Bahkan pengguna rumahan harus mempertimbangkan pemasangan kabel Kategori 6, terutama jika niatnya adalah menggunakan aplikasi bandwidth tinggi yang melibatkan segala jenis streaming media.

Jika Anda tidak terbiasa memasang konektor RJ-45 pada Kabel Patch Ethernet Anda, Anda mungkin ingin membeli kabel patch siap pakai dengan panjang yang sesuai dengan tujuan pemasangan Anda. Banyak vendor menyediakan kabel tambalan siap pakai dalam berbagai jaket berwarna mulai dari panjang 30 sentimeter ke atas.

Iklan