Proses bagaimana tenaga surya dan sel fotovoltaik bekerja benar-benar dapat membingungkan bagi banyak orang, dan mungkin membuat Anda merenungkan dengan tepat bagaimana energi matahari bekerja.

Tentu saja, ada deskripsi yang rumit, tetapi lebih baik Anda belajar dari penjelasan yang lebih mudah dipahami yang dapat membantu Anda secara mental memvisualisasikan dan memahami seluruh proses konversi energi matahari. Hal ini akan dijelaskan pada artikel ini, dimana juga akan dijelaskan bagaimana setiap orang dapat menggunakan energi matahari untuk menyediakan energi bagi rumahnya.

Bagaimana Energi Matahari Bekerja di Tingkat Atom

Pikirkan tentang ini sejenak: visualisasikan atom silikon kecil dengan banyak elektron mengambang di orbitnya. Sekarang, pertimbangkan dua atom yang berdekatan satu sama lain, masing-masing dengan elektron mengambangnya sendiri. Pikirkan tentang satu elektron yang melingkari kedua atom secara merata. Elektron yang digunakan bersama antara dua atom menghubungkan mereka pada tingkat fisik dan menjadi tidak mungkin bagi mereka untuk berpisah.

Sekarang, pikirkan tentang jutaan atom yang semuanya terhubung dengan elektron serupa. Ini adalah proses atom silikon untuk mengikat bersama untuk menciptakan struktur kristal silikon.

Kekuatan atom-atom yang terhubung ini akan terus menyatukan mereka sampai sesuatu yang sangat kuat, seperti sinar matahari, masuk dan menghancurkan ikatan. Putusnya sambungan dibuat oleh foton yang merupakan partikel kecil yang termasuk dalam energi matahari. Ketika foton ini melakukan kontak dengan atom silikon, ikatan terputus sehingga elektron bersama dapat mulai bergerak bebas dengan sendirinya.

Banyak elektron dipisahkan dari atom silikon yang mereka hubungkan, dan mereka berkumpul bersama untuk membangun arus listrik yang Anda gunakan untuk menyediakan energi ke tempat tinggal Anda. Oleh karena itu, semakin banyak sinar matahari yang bertabrakan dengan atom, semakin banyak elektron yang dikeluarkan dari orbitnya dan dibiarkan bergabung dengan elektron lain untuk membentuk listrik.

Bagaimana Energi Surya bekerja di Tingkat Sel Surya

Sel surya, juga dikenal sebagai sel fotovoltaik, hanyalah sekelompok kristal silikon yang telah ditempatkan ke dalam wafer tipis. Wafer ini diiris dari kristal silikon yang telah ditanam di laboratorium dan memiliki beberapa bahan tambahan yang ditambahkan untuk mendukung peningkatan efisiensi sel.

Ketika telah dipotong dengan ukuran yang tepat, wafer silikon kemudian dilekatkan pada panel surya dan merupakan sel surya yang dapat Anda lihat. Strip logam juga dilekatkan pada sel agar listrik yang dihasilkan memiliki saluran untuk mengalir.

Bagaimana Energi Matahari Bekerja di Panel Surya

Satu sel surya tunggal hanya memiliki kemampuan untuk menghasilkan sejumlah kecil energi. Oleh karena itu, secara terpisah mereka tidak dapat memberi daya pada hampir semua hal. Namun, mereka dapat digabungkan untuk membuat jaringan sel surya, yang dapat menghasilkan sejumlah besar daya ketika mereka semua bekerja bersama. Ketika sel-sel telah terhubung, mereka ditutupi dengan panel untuk perlindungan. Pada titik ini, Anda memiliki panel surya.

Bagaimana Energi Surya Dapat Bekerja untuk Anda?

Anda dapat menggunakan panel surya lengkap dengan berbagai cara. Anda dapat menghemat uang dengan berbagai aplikasi panel ini sehingga energi surya bekerja untuk Anda.

  1. Satu panel dapat digunakan sendiri untuk memberi daya pada perangkat listrik yang awalnya ditenagai oleh baterai.
  2. Ini juga dapat digunakan sebagai pengisi daya baterai untuk membantu Anda mengumpulkan energi untuk penggunaan di masa mendatang.
  3. Panel dapat dihubungkan ke inverter, yaitu alat yang akan mengubah tenaga surya menjadi bentuk listrik yang dapat menjalankan rumah Anda.

Semoga Anda tahu memahami cara kerja solarenergi.id, atau setidaknya sedikit lebih baik dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda harus tahu bahwa penjelasan ilmiah untuk energi ini jauh lebih kompleks, tetapi perincian ini seharusnya memungkinkan Anda memahami proses dasar cara kerjanya.